BERPIKIR BISA!

Berpikir bisa berarti yakin dan berusaha untuk menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja. Sekarang mari kita lihat apa yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan dan menguatkan kemampuan kita dalam berpikir bisa.

 Langkahnya adalah :

Percaya Bahwa Sesuatu Dapat Dilakukan

Inilah prinsipnya: Untuk melakukan apapun, kita harus lebih dahulu percaya bahwa hal itu dapat dilakukan. Percaya bahwa sesuatu itu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara untuk melaksanakannya.

Eksperimen ini mempunyai satu maksud: Jika Anda percaya sesuatu itu tidak mungkin, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin. Akan tetapi jika Anda percaya, benar-benar percaya, sesuatu dapat dilakukan, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda dan membantu Anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

 Dimana Ada Kemauan Disitu Ada Jalan

Percayalah sesuatu itu dapat dilakukan. Inilah dasar bagi berpikir bisa. Di bawah ini adalah dua saran untuk membantu Anda mengembangkan kekuatan pikiran melalui kepercayaan :

  1. Hapuskan kata tidak mungkin baik dari pikiran Anda maupun dari kosakata Anda. Tidak mungkin adalah kata kegagalan. Pikiran “Ini tidak mungkin dilakukan“ memulai reaksi berantai dari jejeran pikiran yang mendukung bahwa memang itu tidak mungkin dan membenarkan pikiran Anda.
  2. Pikirkan sesuatu yang istimewa yang selama ini ingin Anda lakukan, tetapi Anda rasa Anda tidak dapat melakukannya. Sekarang berpikirlah bahwa: Anda bisa melakukannya!, dan buatlah sebuah daftar alasan mengapa Anda dapat melakukannya.

Banyak dari kita mengalahkan dan menaklukkan keinginan kita hanya karena kita berkonsentrasi pada mencari alasan kenapa kita tak dapat melakukannya, sementara satu-satunya hal yang layak untuk kita berkonsentrasi adalah mencari alasan bagaimana kita dapat melakukannya.

Berpikirlah Ke Depan Lebih Baik

Rata-rata orang selalu menolak kemajuan. Banyak orang menentang mobil yang pertama atas dasar pikiran Tuhan menciptakan kita untuk berjalan di atas kaki kita atau dengan menggunakan kuda. Apalagi saat pesawat terbang pertama mengudara, banyak aturan kekangan baru yang dibuat-buat misalnya bahwa manusia tidak berhak memasuki bidang wewenang yang dikhususkan untuk burung, dll.

Jika setiap orang berpikiran bahwa hanya ada satu cara terbaik untuk melakukan suatu pekerjaan dan setelah itu jangan pernah menyimpang dari cara tersebut, maka dapat dibayangkan kejumudan yang segera akan merajalela dan amat membosankan.

Sebenarnya, tidak ada satu cara terbaik untuk mengerjakan apapun. Tidak ada satu cara terbaik untuk menarik minat murid akan pelajaran, atau untuk tetap menjaga motivasi karyawan, atau untuk mendidik anak atau bahkan menata taman dan dekorasi ruangan.

Ada Banyak Cara Terbaik Sebanyak Adanya Pikiran Yakin Bisa

Berikut ini adalah tiga cara untuk melakukannya :

  1. Jadilah orang yang bersedia menerima gagasan. Sambut baik gagasan. Hancurkan pikiran penghalang seperti “Ini tidak akan berhasil”, “ Tidak dapat dikerjakan “, “Ini tidak ada gunanya”.
  2. Jadilah orang yang suka bereksperimen. Dobraklah rutinitas yang tetap. Pergilah melalui rute yang berbeda ke tempat kerja Anda, kunjungi toko-toko buku baru, bacalah buku-buku baru, dapatkan teman-teman baru, ambillah kursus keterampilan baru yang belum Anda kuasai.
  3. Jadilah progresif (berpikir ke depan) bukan regresif (berpikir ke belakang). Bukan “Itulah cara kami biasa melakukannya, maka kami harus mengerjakannya dengan cara itu”,  melainkan “Bagaimana kami dapat mengerjakannya lebih baik daripada cara kerja yang biasa kami lakukan?”

Bayangkan apa yang akan terjadi misalnya pada Ford Motor Company jika manajemennya membiarkan diri berpikir, “ Tahun ini kita sudah mengembangkan mobil paling sempurna. Perbaikan lebih lanjut tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, semua kegiatan rekayasa & desain eksperimental dengan ini diakhiri secara permanen .“

Tidak peduli betapapun besarnya, perusahaan tersebut akan susut dengan cepat jika bersikap demikian.

Orang yang sukses seperti halnya perusahaan yang sukses selalu bertanya, “Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas prestasi saya?”,  “Bagaimana saya dapat bekerja lebih baik ?”

General Electric menggunakan slogan, Kemajuan adalah produk kami yang paling penting. Garuda Indonesian Airways menggunakan slogan, Kini lebih baik. Mengapa Anda tidak menjadikan kemajuan sebagai produk Anda yang paling penting ?

Febriansyah Trainer

Profesional Trainer, Writer, Entrepreneur, Blogger and Traveler

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: