WARNA HATI (MOOD)

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya.

Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoritis sebenarnya putih bukanlah warna).

Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.

Terlepas dari warna yang bersifat teoritis, warna hari-hari kita biasanya dipengaruhi oleh warna hati pada saat itu. saya menyebut warna hati untuk menggambarkan suasana hati yang aktif pada saat tertentu (mood).

Pernahkah anda setiap pagi ketika bangun dari tidur merasa sangat bersemangat sekali untuk menyelesaikan pekerjaan rumah anda pada saat itu, bahkan anda mengatakan pada diri anda, “Saya akan menyelesaikan semuanya hari ini!” Tapi, sebelumnya saya ingin tiduran sebentar karena masih mengantuk (semalam tidurnya telat kali, he), setelah bangun anda kembali mengatakan, “Baiklah saya akan mulai sekarang!”, Tapi karena baru bangun tidur anda merasa lapar, dan anda ingin sarapan terlebih dahulu. Setelah sarapan, anda kembali siap untuk mengerjakan pekerjaan rumah anda, tapi lagi-lagi anda berpikir pagi ini harus melihat berita di layar TV dulu agar tidak ketinggalan informasi hari ini, setelahnya anda merasa perlu mandi terlebih dahulu agar benar-benar merasa fresh untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Begitu seterusnya sampai akhirnya anda mengatakan, “Ah, masih ada banyak waktu untuk mengerjakannya, kalo begitu nanti saja!”. Pernah seperti itu? hehe 🙂

Itulah warna/suasana hati (mood), kondisi emosi yang merupakan total keseluruhan proses otak yang terjadi di dalam diri pada suatu waktu tertentu. Jika kita menciptakan representasi internal positif yang didukung oleh percakapan positif dengan diri sendiri tentang suatu kejadian, kita akan memiliki kondisi emosi yang lebih positif, dan kita berpeluang untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Kita semua pernah mengalami suasana hati positif seperti bersemangat, termotivasi, bahagia, senang, dll. sebaliknya, kita juga pernah merasakan mood yang tidak menyenangkan, seperti marah, takut, sedih, dll. ketika kita mampu memprogram pikiran kita agar berada pada mood yang positif kapan pun kita menginginkannya, maka kita bisa memilih cara merepresentasikan dunia kepada diri kita. hal ini yang akan membuat kita bisa membuka peluang-peluang emas dalam hidup sehari-hari.

Semua perilaku dan juga hasil kinerja kita tergantung dengan mood pada saat itu. Jagalah warna hati/mood anda agar selalu positif semangat, bahagia, dan senang agar warna hari anda juga cerah, indah, dan manis.

Kalau begitu, apa warna hati anda hari ini???

 

Febriansyah Trainer

Profesional Trainer, Writer, Entrepreneur, Blogger and Traveler

2 tanggapan untuk “WARNA HATI (MOOD)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: